Menemukan Tujuan Hidup

Pernahkah kamu mengalami kegagalan dan kemudian pandangan hidup kamu langsung terasa muram? Jawabannya tentu bisa berbeda-beda. Ada yang mengatakan ya dan ada yang mengatakan tidak. Itu tergantung dari perspektif dari diri kita masing masing. Di zaman sosial media masa kini, kita sering mendengarkan atau melihat tujuan hidup itu seperti apa dan jawabannya bisa bermacam macam dari pandangan. Berikut ini adalah beberapa cara agar kamu bisa menemukan tujuan hidup kembali. Apalagi di masa masa yang hidup kebanyakan orang mengalami quarter life crisis.

1. Beribadah/Shalat/Berdoa/Meditasi

Perasaan gelisah dalam hati ketika bingung akan tujuan hidup memang bisa dirasakan oleh siapapun. Karena hal itu merupakan salah satu kodrat yang dimiliki manusia. Ada manusia yang mampu mengatasi rasa gelisah tersebut dan ada pula yang tidak mampu mengatasinya. Maka dari itu peran beribadah memang besar untuk ketenangan hati agar pikiran kita semakin jernih untuk menemukan tujuan hidup kita kembali. Ya, banyak sinis dengan kekuatan beribadah terutama di era booming sosial media zaman sekarang tapi hal tersebut tidak menutup fakta bahwa ibadah dapat menenangkan hati manusia bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi.

Baca Juga : 5 Game Terbaik yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga

2. Perbanyak membaca buku

Di masa sekarang kegiatan membaca buku selain mendapatkan ilmu baru, kamu bisa mendapatkan insight tentang bagaimana membentuk suatu tujuan baru dalam hidup kamu. Di masa sekarang kegiatan membaca buku menjadi suatu kegiatan yang amat jarang dilakukan oleh kaum muda (Mungkin ini yang menyebabkan negara kita memiliki minat baca yang rendah). Kalau kamu minder dengan kegiatan membaca buku, mungkin kamu dapat mencari book club. Tidak perlu minder untuk bergabung dengan book club tersebut karena buku yang kamu baca biasa saja. Namanya juga baru memulai. Dan kalau ada yang book shaming kamu di book club, bodo amat saja, karena bukan mereka yang membeli buku kamu.

3. Mencoba Hobi Baru

Ketika kamu gagal dalam meraih tujuan hidup kamu pasti membuat hidup kamu merasa kosong dan hampa. Mungkin dengan menemukan hobi baru dalam mencapai suatu tujuan hidup baru kedepannya. Kalau kamu suka sepeda, ikut klub bersepeda di kota kamu. Kamu suka membaca buku? Ikuti saja book club yang ada. Kamu hobi main game? Kamu bisa mencoba mencari grup atau paguyuban game yang sedang kamu gemari di media sosial. Mungkin dari situ kamu bisa mendapatkan teman baru yang nantinya bisa kamu ajak diskusi tentang tujuan hidup. Tapi ingat, cari hobi yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain ya.

Baca Juga : Karakter Bos Yang Akan Kamu Hadapi di Kantor

4. Berkonsultasi ke Psikiater

Tujuan hidup kamu yang tadinya gagal pasti membuat kamu tertekan secara mental. Maka ada baiknya kamu perlu untuk mengunjungi psikiater terdekat. Dengan ke psikiater, kamu bisa mendapatkan jawaban atas kegagalan yang kamu hadapi tadi. Kalau kamu merasa ke psikiater mahal, maka kamu bisa mendapatkan konseling dan konsultasi di puskesmas terdekat. Dari psikiater, kamu bisa menemukan kesalahan yang membuat kegagalan dalam tujuan kamu dan dari situ kamu bisa tahu apa saja yang bisa diperbaiki dalam membentuk tujuan hidup kamu yang baru.

Baca Juga : Cara Manajemen Waktu Paling Efektif untuk Orang Sibuk

5. Ganti Lingkungan Pergaulan

Ketika kamu sudah gagal dengan tujuan hidup kamu yang sudah kamu buat, ada baiknya kamu mengganti lingkungan pergaulan yang selama ini kamu berada. Ganti lingkungan pergaulan itu perlu karena dari situ kamu menemukan suatu jawaban jawaban baru yang nantinya berguna untuk membentuk tujuan hidup kamu yang baru pula. Disamping hal tersebut, kamu bisa menemukan jaringan baru yang nantinya bisa membantu kamu untuk mewujudkan tujuan baru kamu tersebut. Gak usah takut dibilang panjat sosial, karena memang sudah derajatnya kan manusia untuk bersosialisasi? Apa lagi dengan hal yang baru dikenal.

You Might Also Like

Leave a Reply

Back to top